Beda Waqaf dan Sedekah

Rantai kehidupan mengantarkan sesama manusia menjadikan mereka mahkluk sosial yang senantiasa dapat saling bekerja sama dan tolong menolong. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menjadi umat yang saling berbagi dan mengasihi sesama dalam kebaikan. Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, memberi merupakan sifat terpuji, mulai, dan sangat Allah cintai. Kegiatan Wakaf dan Sedekah harus dapat terimplementasi dalam kehidupan kita, karena begitu besar manfaatnya untuk sesama.

Wakaf dan Sedekah adalah amal yang amat mulia disisi Allah SWT kelak pahala yang tak terkira akan menghampiri bagi yang melakukannya. Membantu dan menolong  orang yang tidak mampu berarti akan memudahkan urusan mereka. Allah selalu memudahkan urusan orang lain jika hamba tersebut memudahkan urusan orang disekitarnya. Yuk mari lebih dekat dengan Wakaf dan Sedekah dari segi persamaan, perbedaan, keutamaan dan sejuta manfaatnya.

Persamaan Wakaf dan Sedekah

Persamaan dari Wakaf dan Sedekah yaitu sama-sama memberi. Memberi kebaikan untuk orang yang sedang membutuhkan, menolong orang yang tidak mampu, sehingga memudahkan urusan mereka. Dengan memberi kelak akan menambah tabungan untuk di akhirat kelak. Kegiatan wakaf dan sedekah dapat memberikan kebaikan bukan hanya sebagai tabungan untuk di akhirat, namun kelak kebaikan di dunia.

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: ‘Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS. Al-Munafikun:10)

Perbedaan Wakaf dan Sedekah

Jika persamaannya sama-sama memberi kebaikan antara wakaf dan sedekah, namun dalam arti secara rinci antara wakaf dan sedekah yakni berbeda. Arti dari wakaf dan sedekah lebih rincinya adalah sebagai berikut:

Waqaf adalah sejenis ibadah maliyah yang speksifik. Berasal dari kata wa-qa-fa (وقف) yang artinya tetap. Artinya bahwa seseorang menyerahkan harta yang tetap ada wujudnya. Namun selalu memberikan manfaat dari waktu ke waktu tanpa kehilangan benda aslinya tersebut.

 

Sedangankan pengertian sedekah yaitu saat seseorang memberikan hartanya, maka harta tersebut langsung habis manfaatnya saat itu juga. Sebagai contoh, seseorang bersedekah memberikan 30 anak yatim makanan berbuka puasa.  Saat makanan sudah dilahap dan habis, maka orang tersebut dapat pahala. Tetapi tidak ada pahala lainnya setelah itu, sebab pokok sedekah itu sudah selesai dan berhenti manfaatnya.

Jika dalam wakaf bahwa seseorang bersedekah dengan harta yang pokoknya tetap ada. Harta tersebut tetap bisa menghasilkan pemasukan atau penghasilan yang bersifat terus menerus dan juga rutin.

 

Pada contohnya seseorang mewakafkan ladang perkebunan tomat untuk fakir miskin. Ladang perkebunan tersebut dipelihara oleh orang yang ahli dalam pekerjaannya. Yang diambil manfaatnya adalah hasil panen dari tomat tersebut. Tomat tersebut misalnya boleh dibagikan kepada fakir miskin, atau dijual yang hasilnya untuk kaum fakir miskin.

 

Keutamaan Wakaf dan Sedekah

Wakaf dan sedekah memiliki keutamaan, bahwasannya karena memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkan. Namun jika kembali dilihat dari segi manfaat yang diberikan secara mendalam, wakaf memiliki keutamaan amalan lebih baik dari pada sedekah. Dikarenakan pahala yang terus menerus mengalir serta manfaat yang diberikan tanpa putus dan berkelanjutan.

Hadits Riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

 

Diolah dari berbagai sumber